Jumat, 03 Februari 2017

BAB IV

BAB  IV
PEMBAHASAN

4.1 Dua Cara Mudah Memeriksa Kondisi Gardan Mobil  
Kendati  memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, gardan mobil selama ini di anaktirikan. Hampir sebagian besar pemilik mobil jarang atau bahkan tidak pernah melakukan pengecekan kondisi perangkat yang satu itu.
Hal itu bisa terjadi tidak hanya mobil yang berpenggerak empat roda (4WD) saja, tetapi juga mobil berpenggerak dua roda belakang (2WD). Lantas bagaimana cara untuk mengetahui permasalahan di gardan? Menurut Pepen, cukup gampang yaitu dengan memperhatikan dua hal.
4.1.1        Dengarkan  suara dari gardan saat mobil melaju
Cara ini bisa Anda lakukan dengan mematikan peranti audio yang ada di mobil. Kemudian buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila Anda mendengar ada suara gemerisik atau mendengung  berarti ada permasalahan di gardan. 
Suara itu diakibatkan oleh komponen yang ada di gardan mengalami gesekan hebat karena oli berkurang banyak atau bahkan habis. Namun, bisa juga dikarenakan jumlah oli masih cukup banyak namun tingkat viskositasnya sudah tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan.  Atau oli sudah aus atau istilahnya basi, sehingga tingkat keenceran atau kekentalannya tidak sesuai lagi dengan persyaratan.
Itu bisa terjadi dikarenakan oleh bakteri atau reaksi dengan zat-zat lain. Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi.
Bila Anda ingin melakukan antisipasi agar kejadian seperti itu tidak terjadi, ada baiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin. Maksimal jarak mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer. 
Bila biasanya orang mengganti oli ini saat mengganti oli transmisi, sebaiknya tidak mengikuti kebiasaan itu. Artinya, meski oli transmisi bila saatnya ganti tetapi bila oli gardan telah harus ganti maka segera menggantinya.
4.1.2        Tetesan oli di bawah gardan
Kita juga sering melihat di bagian tutup gardan atau bagian lain ada rembesan atau tetesan oli. Sebaiknya jangan meremehkan hal itu. Bila rembesan atau tetesan terjadi saban hari, lama-kelamaan oli gardan akan berkurang dalam jumlah yang cukup signifikan.
Alhasil, komponen yang ada di gardan kekurangan minyak pelumas. Bila hal itu terjadi, maka gardan tidak akan berfungsi secara maksimal. Akibatnya, sistem penggerak roda tidak bekerja. Bisa dibayangkan apa akibatnya, saat mobil melaju kencang tiba-tiba penggerak roda berhenti. Namun, tetesan atau rembesan oli juga menjadi pertanda bahwa oli sudah basi atau aus sehingga unsur-unsur pengikat molekul oli menurun drastis. Bila oli sudah seperti itu, tidak akan berfungsi maksimal dalam melumasi komponen. Akibatnya, komponen juga cepat rusak atau tidak berfungsi maksimal. Saat ini banyak sekali jenis dan merek oli gardan di pasaran.
4.2  Cara Mudah Ganti Oli Gardan Mobil
 Cara Mudah Ganti Oli Gardan Mobil Gardan mobil adalah bagian yang sangat penting, gardan mobil tidak hanya kumpulan roda gigi yang saling terhubung utuk meneruskan tenaga dari kopel menuju poros roda, namun gardan juga memiliki oli gardan yang berfungsi untuk melumasi gardan yang berguna untuk menghindari ausnya komponen-komponen dalam garden. Siapkan alat dan bahan untuk mengganti oli gardan mobil anda, yaitu kunci shock 24 mm dan oli gear atau oli gardan dengan jenis 80W-90 jenis oli lain tergantung jenis mobil anda, jika bingung tanyakan ke toko oli gardan oli apa yang cocok untuk merek mobil anda.
                                                                                                  
1.    Lihat bagian bawah mobil anda maka anda akan menemukan dua lubang pengisian dan pembuangan oli gardan seperti gambar di bawah ini :
Description: Gardan Mobil
Gambar 3.1 gardan
Lubang yang dilingkari warna biru adalah untuk pengisian oli gardan dan lubang yang dilingkari warna merah adalah untuk pembuangan oli gardan.
2.    Kemudian buka baut yang dilingkari warna merah dahulu yaitu baut pembuangan oli gardan untuk membuang oli bekas yang telah dalam keadaan buruk.
Description: Baut Pembuangan Oli Gardan
gambar 3.2 mengganti oli
3.    Setelah semua oli keluar dari gardan, tutup kembali baut pembuangan oli.
4.    Kemudian buka baut pengisian oli gardan dan masukan oli kedalam gardan. Anda membutuhkan wadah bantuan untuk dapat memasukan oli kedalam gardan dengan mudah seperti gambar di bawah ini, yaitu dengan cara. memasukan oli ke botol dengan selang agar mudah untuk memasukan oli kedalam gardan
Description: Oli dan Botol Untuk Memasukan Oli Kedalam Gardan
Gambar 3.3 oli gardan
Description: Memasukan Oli Gardan
Gambar 3.4 cara memasukan oli
Atau anda tidak memiliki botol anda dapat menggunakan plastik tebal yang di isi oli gardan untuk dimasukan kedalam gardan, untuk cara ini anda harus berhati-hati jangan sampai plastik pecah atau oli gardan yang tumpah terbuang sia-sia.
5.    Setelah berhasil memasukan oli gardan maka tutup kembali lubang pengisian dan coba kendarai mobil anda secara perlahan untuk mencoba apakah mobil anda telah berkerja dengan normal.
Sekian artikel saya kali ini mengenai bagaimana cara ganti oli gardan sendiri, tentunya lebih hemat dan mandiri jika anda mengganti oli gardan sendiri. Semoga bermanfaat.


4.3 Cara Memperbaiki Gardan Dari Kerusakannya.
 1. Suara Berdengung sering terjadi pada mobil dengan penggerak roda belakang kalau gardannya mengeluarkan suara dengung pada kecepatan tinggi. Ini biasanya disebabkan oleh gear/gigi gardan yang sudah aus. Jika sudah begini gigi gardan harus segera diganti agar tidak mengeluarkan bunyi lagi. Tapi bisa juga karena jarak bebas antara gigi gardan yang satu dengan yang lainnya sudah longgar. Untuk mengatasinya cukup distel ulang jarak antara gigi gardan.
2. Saat jalan Gardan beraasa bergetar, pernahkan anda merasakan pada saat posisi jalan berasa seperti ada getaran pada gardan. Kerusakaan seperti ini biasanya disebabkan oleh laher gardan yang ambrol. Tapi bisa juga karena gear/gigi gardan ambrol akibat berbenturan atau karena kualitas bahan yang buruk.
3.  Oli Gardan bocor, Kebocoran oli pada gardan bisa disebabkan oleh 4 hal:
a.       Pertama, bisa dari baut tap oli gardan yang berfungsi untuk mengeluarkan oli gardan. Biasanya baut tidak kencang atau drat baut sudah aus tapi tetap dipasangkan.
b.       Kedua, bisa juga disebabkan oleh packing gardan, untuk menghubungkan antara gardan dengan slongsong gardan kita harus menggunakan packing atau lem.  Biasanya karena saat memberi lem pada gardan tidak rata yang bisa menyebabkan kebocoran.
c.        Ketiga, oli gardan bisa bocor dari seal pinion,biasanya ini karena as pinion yang aus atau bisa juga karena karet pada seal pinion yang robek atau luka.
d.      keempat, oli gardan bisa juga bocor dari seal roda belakang ini untuk mobil berpenggerak roda belakang saja.

Description: gardan mobil
Gambar 3.5 bentuk gardan
Perawatan yang harus dilakukan pada Gardan Mobil Untuk menjaga kondisi gardan mobil, kita harus rajin melakukan perawatan secara rutin. Caranya sangat simpel sekali, kita hanya perlu menjaga kualitas oli gardan. Ganti oli gardan secara rutin, bisa dengan mengganti setiap 10.000 km sekali, atau semakin sering semakin baik selama dalam batas wajar.
Peran oli sangat penting pada gardan, karena berfungsi untuk melumasi gear/gigi gardan yang bekerja bergesekan terus menerus. Jika oli gardan bocor apalagi sampai habis akibatnya bisa fatal. Jadi perhatikan selalu apakah ada kebocoran oli pada gardan atau tidak jika ada segera diperbaiki.
4.4 Langkah Pembongkaran Gardan
Langkah pembongkaran gardan mobil Untuk pembongkaran unit gardan itu sendiri. Pada langkah ini mobil yang digunakan adalah mobil dengan penggerak belakang.
1.Tujuan pembongkaran gardan :
  1. Memeriksa kondisi gardan terhadap kerusakan pada unit gardan. 
  2. Mehilangkan memperbaiki bunyi - bunyi yang ditimbulkan oleh kerusakan pada unit gardan.
2. Pembongkaran :
  1. Siapkan kunci pas dan ring 1 set.
  2. Siapkan kunci socket 1 set.
  3. Kendorkan baut-baut roda belakang mobil yang kiri dan kanan, Ingat hanya cukup dikendorkan saja dulu.
  4. Dongkrak mobil pada bagian belakang, tempatkan jack stand pada posisi chasis yang kuat di sisi kiri dan kanan mobil ( belakang).
  5. Kendorkan dan lepaskan baut pengikat propeller shaft dari gardan dengan menggunakan kunci. 
  6. Lepaskan dan tarik propeller shaft dari transmisi.
  7. Lepaskan baut-baut pengikat roda belakang dan lepaskan roda belakang.
  8. Tarik keluar poros roda belakang.
Pembongkaran Unit gardan :
  1. Bersihkan gardan terlebih dahulu dari kotoran debu atau oli menggunakan kuas dan minyak tanah / solar. 
  2. Siapkan meja untuk menempatkan gardan dan komponen-komponennya.
  3. Kendorkan terlebih dahulu baut-baut bearing cap secara menyilang, setelah kendor semua bautnya, baru lepaskan baut baut bearing cap tersebut. 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0bD_LcXpWw4x7shq4T9HJzQLv9XTjquaHiO50WQVbSWkO9eqHJqXrsjF7q7MjWD1tlqMnzDcRwUHVryA3fDpOKtmB9Ijr3bNN8WuWW7DDzV_TY4r3X-DuM9TxDROINUiVYjYITlxATYM/s1600/Langkah+bongkar+gardan+1.jpg







Gambar 3.6  cara membongkar gardan
  1. Tempatkan bau-baut tersebut dalam wadah agar tidak tercecer. 
  2. Lepaskan bearing cap dari differential assembly.
  3. Angkat dan pisahkan ring gear dari differential hosing.



Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrmEcxTcAFpZ-wCkpsrQWCCtcTeJPItrHHVDCCaVFT5NSk3eOuNqDCWbukFPI52J-Eu3TRAGZAo83-fCNpzyFkS1fFDLJL0hbykx714ESOb1WGBW8DJaPEMW5GR_WmvkaSNhTR8RTJWvY/s1600/Langkah+bongkar+gardan+2.jpg







Gambar 3.7 ring gear
  1. Kendorkan mur pengunci companion flange
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjaAWah8mw27xGAziJc-HJhXZtuGHqvnos9wDWgdqAhoLmWhRFe_iRuhHZAask-ES9vlklStnWWzAzgEzGHklUM33vuZ74cyFu8IXnZHypwZLwCF9Mdg5cUTN2nWKCItC8xNYdqDPaXkFU/s1600/Langkah+bongkar+gardan+3.jpg






Gambar 3.8 companion flange
h.      Lepaskan companion flange dari drive pinion, sambil menahan drive pinion agar tidak terjatuh.
  1. Keluarkan drive pinion dari differential housing
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh65jAypZAS0Njt_kIF1j8vToAISEbMSR2x_6vELABna-kuBYtC40SiOrNOapsIU1nvF3u6RVmgf2bRbyOk7SFfzwKiuEeEypHP2YbopB6uI31Tuii9rma6GAzNyT12Mpe-gKPnaNouOE8/s1600/Langkah+bongkar+gardan+4.jpg






Gambar 3.9 drive pinion
j.        Demikian penjelasan saya mengenai langkah-langkah pembongkaran gardan.

4.5 Cara memperbaiki Gardan mobil
Differential atau sering dikenal dengan nama gardan adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Sekedar untuk mengingatkan Anda, bahwa putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun. Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila/flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.
1. Fungsi gardan pada mobil adalah :
Merubah arah putaran mesin : Sebagaimana Anda ketahui bahwa posisi mesin pada mobil untuk truck atau khusunya mobil yang menggunakan as kopel, memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan. Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda (yaitu maju ke depan).
Memperbesar momen. Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil, sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat adalah besar. Seperti kita ketahui bahwa selambat–lambatnya mesin berputar memiliki kecepatan minimal 600 rpm. Maksudnya adalah dalam satu menit poros engkol berputar 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggi memiliki kecepatan hingga 12.000 rpm, berarti poros engkol berputar 12.000 kali dalam 1 menit. Agar tenaga dari poros engkol ini menjadi besar, maka kecepatan putaran dari poros engkol ini harus diperlambat. Di sisnlah gardan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol tersebut, sehingga tenaga putar atau momen menjadi besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan.
Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok Pada saat mobil berbelok, putaran roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tak akan membelok. Di sinilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama, sehingga mobil dapat membelok dengan baik.
Jadi jelaslah bahwa gardan memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil, sehingga mobil tersebut dapat berjalan dengan baik. Adapun komponen–komponen utama gardan adalah sebagai berikut :
Final gear : terdiri atas ring gear dan drive pinion.
 Differential gear : terdiri atas pinion gear, side gear dan differential carrier.
4.6 PERBAIKAN DAN PERAWATAN DIFFERENTIAL(GARDAN) MOBIL
Description: Gardan mobil
Gambar 3.10 Gardan mobil
1. Real Axle Housing, bagian ini dapat dikatakan sebagai tumpuan berat muatan mobil, karena letaknya dibagian roda belakang, khusunya pada mobil muatan atau minibus. Pada minibus jarang ditemukan bagian ini bengkok, kalaupn terjadi bengkok maka hal itu disebabkan oleh tabrakan. Pada truk sering ditemukan bagian ini bengkak. Hal ini disebabkan oleh muatan yang melebihi kapasitan. Bengkoknya bagian ini akan merusak as roda bahkan berusak pula gigi gardan. Untuk menghindari hal ini maka dalam memberikan muatan pada mobil harus memperhatikan kondisi differential housing, resiko bengkok sangat besar.
2. Gasket. Sebagai bagian untuk menghambat kebocoran oli gardan bagian ini juga penting. Kalau bocor akan mengakibatkan pelumasan pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusa­kan pada gigi gardan. Gunakan gasket standard atau kertas gambar, jangan menggunakan karton tebal.
3. Differntial Carrier. Gigi differential dipasangkan pada bagian ini. Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini dilepaskan dari differential housing. Setelah dibersihkan dari sisa-sisa oli lalu dipasangkan pada tanggem. Untuk membongkar dan menyetel bagian ini perlu petunjuk khusus.
4. Differential Ring Gear and Drive Pinion gear Kit. Dinamakan kit karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti bagian-bagian ini. Pada beberapa merk mobil banyak barang tiruan. Harganya selisih jauh. Walaupun tidak semua barang tiruan itu buruk namun Anda perlu berhati-hati untuk membeli kit ini. Repotnya pula umumnya toko tidak mau menerima kembali gigi yang sudah dicoba, walaupun pada penyetelan masih bunyi. Maka lebih baik membeli yang orsinil. Untuk lebih aman lagi, kendaraan Anda bawah ke bengkel dealer karena mereka akan memasangkan yang orsinil dan memberikan jaminan untuk suatu jangka waktu atau kilometer tertentu. Karena harga kit differential itu mahal maka sangat disarankan untuk tidak mudah memutuskan untuk membongkar kalau mendengar suatu gejala bunyi. Untuk memastikan lebih baik Anda mencoba dengan menjalankan mobil pada jalan datar. Pada kecepatan 40 samapi 80 kilometer/jam, perhatikan kalau gigi gardan rusak maka pada setiap menambah kecepatan ada bunyi dan waktu melepaskan pedal gas model bunyi pertama hilang dan muncul model bunyi kedua. Bunyi juga bisa disebabkan oleh rusaknya bearing roda dan permukaan ban. Bunyi yang ditimbulkan oleh kedua bagian ini lain dan sangat jelas pada saat kecepatan 80 sampai 100 km/jam gigi transmisi Anda freekan.
Sangatlah penting sebelum membongkar bagian ini, mengadakan penelitian yang saksama. Kurangnya pengalaman bisa mengakibatkan usaha perbaikan tidak menemui hasil yang diinginkan. Maka pemeriksaan penyebab bunyi seperti ban dan bearing roda serta bunyi knalpot perlu diteliti satu persatu..
5. Bagian dari differetian carrier ini untuk mengancing salah sisi dari bearing ring gear. Ulir pada bagian ini memudahkan montir menyetel bidang singgung dengan drive pinion. Hasil penyetelan dari bagian ini tidak bisa langsung jadi karena kalau tampak bidang yang bersinggungan tidak baik maka penyetelan harus diulangi dari pertama lagi yaitu melepaskan drive shaft. Ini hanya sekedar suatu gambaran singkat rumitnya penyetelan differ­ential mobil.
6. Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus diganti kalau waktu membongkar tampak ada titik- titik hitam atau sudah berwarna kehitaman karena dengan tetap menggunakan bearing seper­ti ini hasil penyetelan yang sudah baik akan berubah menjadi kendor lagi dan mempercepat keausan bahan bearing, akibatnya akan membuat drive shaft maju dan mundur dan merusak bidang singgung antara ring gear dengan drive gear.
7. Oil seal yang terletak di bagian ujung dari dari differential housing ini berfunggi mencegah agar oli tidak habis. Kalau Anda menemukan di sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera mengganti seal baru. Lepaskan propeler shaft dan kendurkan mur yang mengancing drive gear. Untuk melepaskan mur ini harus menggunkan kunci momen. Perhatikan untuk sampai bisa kendur membutuhkan momen berapa kg/cm2. Hal ini penting untuk waktu pemasangan kembali. Kekerasannya harus sama. Karena beda besarnya maka kekerasan pengancingnyapun berbeda. Kalau Anda ragu-ragu sebaiknya bertanya ke dealer merk mobil tersebut. Memesangkan seal ini harus duduk dengan baik dan rata. Bersihkan differential carrier sehingga waktu seal masuk tidak terjadi kebocoran. Boleh juga menggunakan sedikit cairan gasket pada sisi luar dari seal. Pada mobil yang sudah tua, bisa terjadi bahwa walaupun prosedur pemasangan sudah betul tetapi oli tetap bocor. Selanjutnya perlu memperhatikan Universal Joint Flange.
8. Universal joint flange ini adalah bagian yang meneruskan putaran propeler shaft ke differential disampinng itu ia juga berfungsi sebagai penyumbat agar oli tidak keluar. Bagian ini selalu berputar sesuai dengan putaran proper shaft. Walaupun terbuat dari baja ia juga aus termakan oleh seal yang terpasang pada ujung differential carrier. Hal inilah yang menyebabkan oli terus keluar walaupun sudah mengganti dengan seal baru. Untuk mengatasi kondisi seperti ini biasanya montir melepaskan yang ada pada seal dan membuatnya menjadi lebih pendek. Sepintas lalu bisa mengatasi tetapi tidak tuntas, karena karet dipaksa menyesuikan dengan bagian yang sudah menyecil. Tindakan yang paling aman tentu dengan mengganti flange baru. Penulis menyarankan lakukan 2 tindakan:
a.       Pertama, seal baru pemasangannya tidak tepat pada dudukan seal yang lama. Artinya digeser maju atau mundur sekitar 1 mm.
b.      Kedua sisi dalam flange dibuat lebih pendek 1 mm juga atau menempatkan satu ring baja setebal 1 mm (harus ring baja) pada ujung dalam. Tindakan ini juga dimaksudkan untuk menggeser bidang yang sudah aus tidak lagi bersinggungan dengan seal. Dengan tindakan ini hasilnya lebih bagus.
9. Differential pinion atau montir menyebutnya gigi satelit. Gigi ini yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda kiri dan kanan bisa saling menyesuikan diri. Roda pada sisi sudut dalam harus lebih lambat putarannya dibandingkan dengan putaran bagian luar. Keausan pada gigi ini biasanya menimbulkan gejala pada saat mobil mau berangkat atau pada saat berjalan kalau mau menambah kecepatan atau memperlambat ada bunyi akibat kelonggaran. Ini bisa disebabkan oleh ausnya as pinion atau specer. Montir biasanya mengatasi dengan mengganti as baru dan memberi lapis lebih tebal pada side gear nya.
10. Mur pengancing drive shaft ini sering kurang diperhatikan. Tidak terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan baik terutama pada mobil muatan. Kalau mur ini kendor akan menga­kibatkan drive shaft bergerak maju dan mundur. Akibat dari gerak­na ini maka terjadilah perubahan bidang singgungan pada ring gear dengan drive shaft. Mula-mula akan terjadi bunyi dengung dan suatu saat bahkan gigi-gigi di dalam differential bisa rontok. Sangat dianjurkan pada truck besar setiap 3 sampai 6 bulan memer­iksa kekerasan mur ini dan setiap tahun pada kendaraan ringan. Differntial yang terawat dengan baik bisa bertahan sampai lama dengan sendirinya tidak perlu menguras kantong Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar